Jumat, 05 Agustus 2011

UTS MANAJEMEN PEMASARAN KLS &7ED

Ini Bersumber dari SARIP ED

1. A. Peraturan ini mrupakan swbuah upaya yang dibuatoleh produsen mobil untuk mengantisipasi supaya tidak terjadi monopoli berlebihan dari sebuah sebuah perusahaan mobil saja. Dengan kata lain bahwa peraturan ini memberikan rung sepenuhnya bersaing secara sehat kepada dealer mobil berdasarkan wilayah kerja saa. Dengan demikian pihak produsen mobil dapat mengontrol dan mengevaluasi secara menyeluruh dari harga mobil yang mereka pasarkan,
B. peraturan ini menurut saya lahir sebagai upaya melindungi para pedagang kecil yang mlakukan transaksi di pasar2 tradisional, dimana parapedagang tsb cendrung mempunyai modal yang terbatasserta ruang lingkup wilayah yg trbatas pula, kalau seandainya tidak ada paying hokum yg mngaturruang gerak dari para pdagang eceran skala kecil,menengah dan modrn maka mereka akan semena-mena memasuki pasar tradisional sehingga dikawatirkan pedagang kecil akan terlindas disebabkan factor harga dan kualitas barang yang mungkin saja sedikit kurang bersaing dengan para pedagang eceran sekala kecil, menengah dan modern. Maka diperlukan aturan hokum yang mengaturnya.

2. A. ruang lingkup mikro
Perusahaan
Dalam pemasarannya USBRj ini memiliki sebuah manajemen yang komplit yang juga merupakan roh dalam rangka pelaksanaan seluruh kegiatan di USBRJ. Tugas utama dari komponen ini adalah bagaimana melakukan semua poses pembelajaran sehingga ada kepuasan dari para mahasiswa yang belajar di USBRJ
Pemasok
Dalam poin ini diharapkan USBRj mampu melakukan kerjasamadan komunikasi yang baik dengan seluruh elemen masyarakat sehingga semakin hari semakin banyak yang berminat untuk kuliah di USBRJ.
Perantara pemasaran
Dalam rangka melakukan proses pembelajaran di USBRJ diperlukan mitra yang menjanjikan dalam hal promosi, misalnya dengan menggunakan jasa alumni, biro iklan,media massa dll, sehingga kinerja system dapat berjalan secara optimal
Pelanggan
Dalam pemasarnnya yang mnjadi pelanggan USBRJ adalah seluruh masyarakat lampung, utamanya Para PNS yang menghendaki proses pembelajaran yang sederhana dan adanya kepastian lulus dal angka waktu yang direncanakan
Pesaing
Hal yang mempengaruhi pemasaran USBRJ ini juga banyaknya para para pesaing dari perguruan tinggi lain yang juga membuka pasca sarjana.ini merupakan tantangan dari pihak USBRJ sendiri bagaimana bias memberikan nilai2dan kepuasan superior bagi mahasiswa dan civitas akademika lainnya dibandingkan dengan perguruan tinggi lainnya.

Public/masyarakat
Yaitu adanya sekelompok orang yang mempunyai kepentingan potensial yang sudah terwujud dan berdampak pada kemampuan USBRJ misalnya masyarakat keuangan (Bank, pemegang saham dll), masyarakt media (surat kabar,radio, tv dll). Pemerintah dan masyarakt internal lainnya


B. Ruang lingkup makro
Lingkungan demograpi
Unsur demograpi ini juga menjadi pluang bagi USBRJ dimana sampai saat ini mahasiswanya telah menjadi terbesar di provinsi lampung sehingga hal ini dapat dimanfaatkanuntuk membuat strategi dan program pemasaran lanjutannya
Lingkungan ekonomi
Keadaan ekonomi masyarakat juga juga menjadi factor motivasi untuk kuliah di USBRJ djmana kalu diperhatiakan sebagian besar para mahasisawanya telah bekerja dan utamanya adalah para PNS
Lingkungan alam
Keadaan kampus juga merupakan salah satu aspek barometer pemasarn diantaranya menyangkut masalah kebersihan kampus,ketersedian fasilitas umum dan penunjang pembelajaran dikampus
Lingkungan teknologi
Dukungan lingkungan teknologi ini sangat mempngaruhi USBRJ dalamhal menjalankan programnya diantarany ketersedian fasilitas hot spot, wifi, in focus, dll

Lingkunganpolitik
Lingkungan ini juga penting terutama kaitanyya dgikliml politk lampung yang semakin hari semakin mapan sehingga mendukung segala kegiatan kampus
Lingkungan kebudayaan
Lingkungan ini mnjadi salah satu aspek pendukung pemasaran USBR. salah satu bukti kongkritnya dengandimanifestasikan gerakan cvinta batik melalui kuajiaban bgi mahasiswa dalam menggunakan kostum batik dalam stiap perkuliahan.

3. Saya akan melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap system yang diterapkan selama ini, trrutama saya liat dari sudut pandang konsumen. Apa yang kurang dari pendekatan selama ini, nantinya akan saya temukan hambtan-hambtan yang terjadi selama ini baru kemudian mulai action untuk memperbaikinya.
Selain dari hal diatas saya juga mengedepankan aspek promosi dimana ruang lingkup yang akan saya perkuat adalah dari aspek :
Periklanan
Penjualan Pribadi
Promosi penjualan
Publisitas

4. Hal yang perlu dilakukan dalam rangka penetapan harga untuk membentuk pangsa pasar yang lebih besar adalah dengan melakukan penetapan harga serendah mungkin dibandingkan dengan harga produk yang sama yang beredar dipasaran. Hal ini saya lakukan dengan mempertimbangkan dan mengupayana semaksimal mungkin mengenai ketrsedian bahan baku,kualitas barang yang saya produksi serta bagaimana teradi elastisitas permintaan yang tinggi terhadap produk kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar