Jumat, 12 Agustus 2011

jawaban home work manajemen keuangan

soal 1 : seorang pedagang membayar angsuran tahunan sebesar rp 5000, rp.4500, rp 3750, rp 3500,dan            rp 4050 pada thn 1,2,3,4,5  bila dia membayar angsuran tersebut dalam jumlah yang sama selama 4 thn, berapa dana tahunan yang harus disiapkan bila tingkat suku bunga yang berlaku 15 %.

Soal 2 : seorang diberi janji menerima dana sebesar rp 100000,- selama 3 kali pada  akhir tahun mulai dari sekarang dan menerima dana berikutnya sebesar rp 50000,- tiap akhir tahun selama 2 thn. bila tingkat suku bunga yang berlaku 15%, berapa jumlaj dana yang akan diterima sekarang.

Pembahasan :


Jawaban soal Homework 1  Manajemen Keuangan ( Dr. Mahatma Kutefaksi SE, MBA )
by  Hendra Usman ( NIM 1161101116 )

Soal 1.

Diketahui :        Angsuran Th 1+ Th 2+ Th 3+ Th 4+ Th 5                                 =
                        Rp. 5.000+ Rp. 4.500+ Rp. 3.750+=Rp. 3.500+ Rp. 4.050    = Rp. 20.800
                        r    =   15 %
                        n   =    4 th
Ditanya :           a  =  ?

Pembahasan :

            Rp 20.800,-     =  a           
                                    =  a

                                    =  a 
                                    =  a    
                                    =  a
                                    =  a  ( 2,85499 )

                             a     = 

 Dana Tahunan yang harus disiapkan (selama 4 tahun )adalah  = Rp. 7.286,- Per Tahun.

Soal 2

Diketahui :        r         =  15 %
                        n         =  5
                        FVr,n  =   100.000, 100.000, 100.000, 50.000, 50.000,-
Ditanya :           Po      =   ?

Pembahasan  :

               Po     =            
                        =     
                        =   86.957+ 75.614 + 65.752 + 28.588 + 24.858

                        =  Rp.  281.769

Jadi Jumlah Uang yang diterima sekarang ( Po )  =  Rp. 281.769,-




Jumat, 05 Agustus 2011

JAWABAN UTS EKONOMI KEUANGAN (B)
By. Hendra Usman

1. Kasus Pada PT DESENTA
a. Laba perlembar Saham EPS


Tahun        Perhitungan                         E P S
1999        120 000 000 : 100 000       1200
2000        50 000 000 : 100 000         500
2001        150 000 000 : 100 000      1500
2002        250 000 000 : 100 000      2500
2003        300 000 000 : 100 000      3000
2004        325 000 000 : 100 000      3250
2005        350 000 000 : 100 000      3500
2006        275 000 000 : 100 000      2750

b.
Tahun     DEVIDEN                                     c. Tahun                 Perhitungan               D P S
1999     2500                                                   1999                  2000 ( 1 + 0,15 )0   2000
2000     2500                                                   2000                  2000 ( 1 + 0,15 )1   2300
2001     2500                                                   2001                  2000 ( 1 + 0,15 )2   2645
2002     2500                                                   2002                  2000 ( 1 + 0,15 )3   3042
2003     2500                                                   2003                  2000 ( 1 + 0,15 )4   3498
2004     2500                                                   2004                  2000 ( 1 + 0,15 )5   4023
2005     2500                                                   2005                  2000 ( 1 + 0,15 )6   4626
2006     2500                                                  2006                   2000 ( 1 + 0,15 )7   5320


d.
Tahun           Perhitungan          D P S
1999           1200 x 50 %         600
2000           500 x 50 %           250
2001           1500 x 50 %         750
2002           2500 x 50 %         1250
2003           3000 x 50 %         1500
2004           3250 x 50 %         1625
2005           3500 x 50 %         1750
2006           2750 x 50 %         1375

e.
Tahun           Deviden Reguler     Deviden Ekstra      Jumlah        D P S
                    Perhitungan                                    
1999             2500                       -                                           2500
2000             2500                       -                                           2500
2001             2500                       -                                           2500
2002             2500                       -                                           2500
2003             2500                       -                                           2500
2004             2500                       -                                           2500
2005             2500                       -                                           2500
2006             2500                       -                                           2500

2. Sebelum adanya stock deviden
• Modal Saham (nominal 1200 x 250 000 lembar ) = Rp. 300 000 000,-
• Agio Saham                                                         = Rp. 200 000 000,-
• Laba Ditahan                                                       = Rp. 500 000 000,-
            Jumlah Modal Sendiri                                 = Rp. 1000 000 000,-



Setelah adanya Stock Deviden
• Modal Saham ( Nominal 1200 x ( 250 000 + 75000)
= 1200 x 325 000 = Rp. 390 000 000,-
• Agio Saham 7500 X 1200 = Rp 90 000
390 000 – 300 000 = 90 000
Jadi Agio Sahamnya Tetap = Rp 200 000 000,-
• Laba Ditahan = Rp 410 000 000,-
Jumlah Modal Sendiri Rp. 1000 000 000,-


3. a. Aliran Kas Pertahun Setelah Pajak
= Rp. 6000 x (1 – t )
= Rp. 6000 x ( 1 – 30 % )
= Rp. 4200,-

Pada akhir masa Leasing, biaya opsi pembelian mesin sebesar Rp. 4000,- akan ditambahkan pada nilai aliran kas setelah pajak pada th ke-5 Rp 4200 sehingga menjadi Rp. 8200,- (4000+4200).

b. Tabel Pembayaran Angsuran
Perusahaan B Akan Mendanaai Pembelian mesin dengan pinjaman 5 th yang dibayar pada setiap akhir th dengan bunga 8 %. Pembayaran angsuran pertahun adalah sebesar :

Rp. 25 000 = 6261,4271 = 6261
3, 9927

Tahun Pembayaran Mulai Pembayaran Pembayaran Akhir Tahun
Bayar Bunga setelah di Pembayaran
kurang bunga

1 6261 25000 2000 4261 20739
2 6261 20739 1659 4602 16137
3 6261 16137 1291 4970 11167
4 6261 11167 893 5368 5799
5 6261 5799 464 5797 2 = 0 Lunas

UTS MANAJEMEN PEMASARAN KLS &7ED

Ini Bersumber dari SARIP ED

1. A. Peraturan ini mrupakan swbuah upaya yang dibuatoleh produsen mobil untuk mengantisipasi supaya tidak terjadi monopoli berlebihan dari sebuah sebuah perusahaan mobil saja. Dengan kata lain bahwa peraturan ini memberikan rung sepenuhnya bersaing secara sehat kepada dealer mobil berdasarkan wilayah kerja saa. Dengan demikian pihak produsen mobil dapat mengontrol dan mengevaluasi secara menyeluruh dari harga mobil yang mereka pasarkan,
B. peraturan ini menurut saya lahir sebagai upaya melindungi para pedagang kecil yang mlakukan transaksi di pasar2 tradisional, dimana parapedagang tsb cendrung mempunyai modal yang terbatasserta ruang lingkup wilayah yg trbatas pula, kalau seandainya tidak ada paying hokum yg mngaturruang gerak dari para pdagang eceran skala kecil,menengah dan modrn maka mereka akan semena-mena memasuki pasar tradisional sehingga dikawatirkan pedagang kecil akan terlindas disebabkan factor harga dan kualitas barang yang mungkin saja sedikit kurang bersaing dengan para pedagang eceran sekala kecil, menengah dan modern. Maka diperlukan aturan hokum yang mengaturnya.

2. A. ruang lingkup mikro
Perusahaan
Dalam pemasarannya USBRj ini memiliki sebuah manajemen yang komplit yang juga merupakan roh dalam rangka pelaksanaan seluruh kegiatan di USBRJ. Tugas utama dari komponen ini adalah bagaimana melakukan semua poses pembelajaran sehingga ada kepuasan dari para mahasiswa yang belajar di USBRJ
Pemasok
Dalam poin ini diharapkan USBRj mampu melakukan kerjasamadan komunikasi yang baik dengan seluruh elemen masyarakat sehingga semakin hari semakin banyak yang berminat untuk kuliah di USBRJ.
Perantara pemasaran
Dalam rangka melakukan proses pembelajaran di USBRJ diperlukan mitra yang menjanjikan dalam hal promosi, misalnya dengan menggunakan jasa alumni, biro iklan,media massa dll, sehingga kinerja system dapat berjalan secara optimal
Pelanggan
Dalam pemasarnnya yang mnjadi pelanggan USBRJ adalah seluruh masyarakat lampung, utamanya Para PNS yang menghendaki proses pembelajaran yang sederhana dan adanya kepastian lulus dal angka waktu yang direncanakan
Pesaing
Hal yang mempengaruhi pemasaran USBRJ ini juga banyaknya para para pesaing dari perguruan tinggi lain yang juga membuka pasca sarjana.ini merupakan tantangan dari pihak USBRJ sendiri bagaimana bias memberikan nilai2dan kepuasan superior bagi mahasiswa dan civitas akademika lainnya dibandingkan dengan perguruan tinggi lainnya.

Public/masyarakat
Yaitu adanya sekelompok orang yang mempunyai kepentingan potensial yang sudah terwujud dan berdampak pada kemampuan USBRJ misalnya masyarakat keuangan (Bank, pemegang saham dll), masyarakt media (surat kabar,radio, tv dll). Pemerintah dan masyarakt internal lainnya


B. Ruang lingkup makro
Lingkungan demograpi
Unsur demograpi ini juga menjadi pluang bagi USBRJ dimana sampai saat ini mahasiswanya telah menjadi terbesar di provinsi lampung sehingga hal ini dapat dimanfaatkanuntuk membuat strategi dan program pemasaran lanjutannya
Lingkungan ekonomi
Keadaan ekonomi masyarakat juga juga menjadi factor motivasi untuk kuliah di USBRJ djmana kalu diperhatiakan sebagian besar para mahasisawanya telah bekerja dan utamanya adalah para PNS
Lingkungan alam
Keadaan kampus juga merupakan salah satu aspek barometer pemasarn diantaranya menyangkut masalah kebersihan kampus,ketersedian fasilitas umum dan penunjang pembelajaran dikampus
Lingkungan teknologi
Dukungan lingkungan teknologi ini sangat mempngaruhi USBRJ dalamhal menjalankan programnya diantarany ketersedian fasilitas hot spot, wifi, in focus, dll

Lingkunganpolitik
Lingkungan ini juga penting terutama kaitanyya dgikliml politk lampung yang semakin hari semakin mapan sehingga mendukung segala kegiatan kampus
Lingkungan kebudayaan
Lingkungan ini mnjadi salah satu aspek pendukung pemasaran USBR. salah satu bukti kongkritnya dengandimanifestasikan gerakan cvinta batik melalui kuajiaban bgi mahasiswa dalam menggunakan kostum batik dalam stiap perkuliahan.

3. Saya akan melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap system yang diterapkan selama ini, trrutama saya liat dari sudut pandang konsumen. Apa yang kurang dari pendekatan selama ini, nantinya akan saya temukan hambtan-hambtan yang terjadi selama ini baru kemudian mulai action untuk memperbaikinya.
Selain dari hal diatas saya juga mengedepankan aspek promosi dimana ruang lingkup yang akan saya perkuat adalah dari aspek :
Periklanan
Penjualan Pribadi
Promosi penjualan
Publisitas

4. Hal yang perlu dilakukan dalam rangka penetapan harga untuk membentuk pangsa pasar yang lebih besar adalah dengan melakukan penetapan harga serendah mungkin dibandingkan dengan harga produk yang sama yang beredar dipasaran. Hal ini saya lakukan dengan mempertimbangkan dan mengupayana semaksimal mungkin mengenai ketrsedian bahan baku,kualitas barang yang saya produksi serta bagaimana teradi elastisitas permintaan yang tinggi terhadap produk kita.